Home » , » Awal Ramadhan 1434

Awal Ramadhan 1434

Written By Lasipa Network on Monday, June 24, 2013 | Monday, June 24, 2013

Jakarta - Lasipanews
Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan Organisasi islam telah menetapkan tanggal 9 Juli sebagai hari pertama ramadhan untuk tahun ini. Hal ini telah disepakati setelah MUI dan Organisasi Islam mengadakan pertemuan guna membahas penetapan hari pertama umat muslim di Indonesia mulai berpuasa.

Dikutip dari dakwatuna.com Wakil sekertaris jenderal Majelis Ulama Indonesia Amirsyah Tambunan di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6) mengatakan bahwa Disepakati, awal bulan puasa atau 1 Ramadan 1434 Hijriyah jatuh pada 9 Juli 2013. Penetapan itu sesuai dengan suara mayoritas dalam menentukan hari pertama umat Islam berpuasa

Tidak hanya MUI, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia menetapkan tanggal yang sama dengan MUI, yaitu jatuh pada 9 Juli 2013.

Namun berbeda dengan Nahdlatul Ulama dan Kementrian Agama yang masih belum menentukan hari pertama ramadhan. Dikutip dari Tempo.com Kepala Sub-Direktorat Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI, Ahmad Izzudin, memperkirakan, berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh pemerintah dan tim Lajnah Falaqiah NU, awal Ramadan baru akan jatuh pada 10 Juli 2013. "Karena pada 9 Juli itu diprediksi ketinggian hilal masih di bawah ufuk," kata Izzudin.

Dari perhitungan hisab, pada Senin 8 Juli, dari Sabang sampai Merauke diperhitungkan masih dibawah 1 derajat bahkan dibeberapa wilayah ada yang dibawah 0 ataupun minus.

Sehingga Kepala Sub-Direktorat Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI, Ahmad Izzudin meminta agar umat agama menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan pemerintah 8 Juli mendatang.

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS