Home » , » Daihatsu Sirion Vs Toyota Etios Valco

Daihatsu Sirion Vs Toyota Etios Valco

Written By Lasipa Network on Saturday, June 15, 2013 | Saturday, June 15, 2013

Toyota dan Daihatsu merupakan brand-brand otomotif yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Dua brand ini dinegara asalnya merupakan satu base dalam naungan Toyota Corp, sehingga dapat dikatakan Toyota dan Daihatsu adalah saudara sepupu yang saling mengisi satu sama lain. Namun era globalisasi otomotif ini Toyota dan Daihatsu walaupun memiliki segmentasi masing-masing namun tidak dapat dipungkiri keduanya dapat head-to-head pada produk jajarannya seperti Toyota Etios Valco yang didatangkan oleh Toyota Astra Motor dari Asia bagi selatan yaitu India dan Daihatsu Sirion yang berasal dari negara Asean Malaysia. Di Indonesia keduanya turun dalam segmentasi yang sama yaitu City Car dimana mobil jenis ini biasanya di Incar oleh first buyer di Indonesia. Pada komparasi kali ini kami akan membandingkan kedua mobil dengan rentang harga yang sama yaitu Etios Valco E M/T Rp. 149.9 juta dan  Sirion 1.3 D FMC MT Rp 144,8 juta.

Key Comparison
  • Sektor mesin dimana segmentasi City Car memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik.
  • Kelapangan Kabin dimana City Car terbilang berukuran kompak sehingga kelapangan merupakan kunci kenyamanan.
  • Eksterior merupakan poin penting karena keduanya merupakan kendaraan kompak yang mengincar first buyer, dimana tampilan merupakan poin penting.
  • Interior poin penting tidak jauh berbeda dengan ekterior, merupakan poin yang sangat dicari konsumen
  • Fitur yang merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen karena konsumen menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Varian, tidak dapat dipungkiri masyarakat Indonesia memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda-beda sehingga konsumen mencari sesuai kebutuhan dan budget.















SEKILAS
Toyota Etios Valco merupakan produk pengembangan dari Etios Liva yang merupakan produk yang dikembangkan untuk pasar India. Etios Valco menggunakan base yang sama dengan kakaknya Toyota Yaris sedangkan Daihatsu Sirion merupakan pengembangan dari Sirion yang telah dipasarkan di Eropa dan Jepang sebelum facelift. Sirion yang beredar di Indonesia merupakan dikembangkan khusus untuk pasar Asean yang mana diproduksi oleh Perodua Malaysia.

MESIN 
Sebagai City Car keduanya menggendong mesin tidak besar, Etios menggendong mesin berkode 3 NR - FE, 4 Cylinder, 16 Valve DOHC dengan kapasitas 1197 cc  sedangkan Sirion K3 - VE,  4 Cylinder, 16 Valve DOHC VVT-i berkapasitas 1298 cc. Mesin Etios mampu memuntahkan tenaga hingga 80 daya kuda diputaran 5600 rpm sedangkan mesin sirion mampu memuntahkan 90 daya kuda di putaran 6000 rpm. Etios Valco mungkin kalah dalam kapasitas mesin namun Etios mampu mengambil poin dari efisiensi bahan bakar, untuk konsumsi BBM Etios mampu mencatatkan 1:15 dalam kota dan 1:18 luar kota. untuk Daihatsu Sirion mampu memberikan angka 1:12 dalam kota, 1:14 untuk luar kota. Walaupun konsumsi BBM Sirion kalah dengan Etios namun Sirion mencuri poin dari akselerasi yang ditorehkan untuk 0-100km/h dalam waktu 11,41 detik sementara Etios membutuhkan waktu 14 detik.
Poin
Daihatsu SirionToyota Etios Valco
Efisiensi 01
Akselerasi/Tenaga10

KABIN
Jenis City Car pada dasarnya mengejar ukuran yang kompak sehingga kelapangan kabin harus dikorbankan. pada Etios Valco memiliki panjang dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm sedangkan Sirion panjang 3690 mm, lebar 1665 mm, dan tinggi 1545 mm, terlihat Sirion lebih ramping dibandingkan Etios Valco ini poin lebih namun sayangnya tinggi dari Sirion lebih tinggi dari Etios hal ini cukup mengganggu. Untuk kelapangan Sirion harus gigit jari karena di poin ini sirion harus tercuri dilihat jarak sumbu roda Sirion kalah 20 mm, Sirion memiliki 2440 mm sedangkan Etios 2460 mm.
Poin
Daihatsu SirionToyota Etios Valco
Kekompakan10
Kelapangan01


EKSTERIOR
Sebagai pemain baru Etios Valco tampil dengan desain eksterior yang agresif dan mecolok dibandingkan dengan Sirion yang terlihat lawas, namun sayangnya Etios dari depan tampilannya terasa kurang mewah bagi kami karena tanpa menghadirkan detail krom selain itu Etios terasa kurang modern dibanding Sirion karena Sirion sudah mengadopsi projector headlamp yang mengesan lebih modern dan absennya foglamp pada varian yang dibandingkan sehingga bagi kami berikan poin tersendiri dalam key comparison untuk Sirion. Sementara untuk dilihat samping keduanya tidak memiliki kelebihan namun pada sisi velg, Etios Valco memberikan poin lebih di desain velg R15 palang 12 nya sedangkan Sirion terlihat biasa dengan velg R14 palang 6 nya.  Dari sisi belakang Sirion terlihat lebih modern dengan hadirnya lampu belakang dengan LED selain itu tampilan belakang lebih sporty menjadi poin bagi Sirion namun sayangnya hilangnya spoiler belakang mengurangi sedikit kesan sportnya namun lebih baik dibandingkan Etios Valco yang tampilannya walaupun terlihat agresif namun kurang sporty dibandingkan Sirion.

Poin
Daihatsu SirionToyota Etios Valco
Agresifitas Desain01
Sporty/Eleganitas10
Futuristik10



INTERIOR
Interior pada jenis ini biasanya simple dan menarik namun tetap mengutamakan sisi fungsionalitas. Etios Valco Hadir dengan dashboard yang agresif dan terlihat modern dengan posisi meter kombinasi dan tachometer ditengah, sementara Sirion walaupun tidak menampilkan kesan modern dan agresif namun adanya 2 tone hitam-beige menjadi kelebihan tersendiri. Namun sayangnya kami kurang menyukai desain dashboard dari Etios Valco walaupun lebih terlihat menarik namun posisi kisi-kisi AC tengah posisinya lebih pada penumpang depan, lalu posisi meter kombinasi dan pemilihan background putih nya menjadi kurang enak dipandang. Berbeda dengan Sirion yang menampilkan dashboard yang biasa sehingga agak bosan untuk dilihat terlebih pada setir 3 palangnya yang juga dipakai pada Terios dan Xenia generasi sebelumnya namun kehadiran dari meter kombinasi, tachometer dan MID yang futuristik menjadi poin lebih bagi Sirion selain itu Shift knop nya lebih terlihat sporty.
Poin
Daihatsu SirionToyota Etios Valco
Desain Interior01
Komposisi Dashboard10


FITUR
Ini lah poin yang paling menarik dalam komparasi, karena pada komparasi ini paling banyak yang menentukan pilihan konsumen. Sebagai city car keduanya memiliki fitur yang sangat menunjang bagi para konsumennya. Baik Etios maupun Sirion memiliki fitur standart yang dimiliki mobil-mobil terkini seperti electronik power stering, MID, audio player 2 DIN yang mampu memutar MP3, CD, USB input, AUX input, Tilt Stering, Wiper belakang dan lainnya. Namun Etios memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Sirion yaitu dual SRS air bag dan hadirnya fitur yang tidak ada di kendaraan jenis lainnya yaitu Interior cooler inside glove box sehingga apabila bisa mendingin kan makanan atau minuman didalam glove box, namun sayangnya absennya pengatur spion elektrik menjadi kekurangan pada mobil city car dimana fitur ini sudah menjadi standart untuk mobil sekelasnya. sedangkan walaupun Sirion tidak memiliki airbag dan pendingin pada glove box depan namun Sirion memiliki fitur yang cukup menarik seperti optitron meter yang memberikan kesan modern dan elegan serta hadirnya koneksi bluetooth yang bisa dihubungkan pada ponsel sehingga untuk telepon dengan HP dapat menggunakan speaker dari dalam kendaraan, serta hadirnya seat belt high adjuster yang tidak terdapat pada Etios sehingga meningkatkan kenyamanan pengemudi dalam mengatur ketinggian sabuk pengaman.

Poin
Daihatsu SirionToyota Etios Valco
electronik power stering, MID, audio player 2 DIN yang mampu memutar MP3, CD, USB input, AUX input, Tilt Stering, Wiper belakang11
SRS Air bag01
Optiron meter10
Interior cooler inside glove box01
Seat belt high adjuster10
Electric outer mirror10


VARIAN
Etios Valco memiliki 3 varian J sebagai entry level, E sebagai varian tengah dan G dengan varian tertingginya, ketiga varian tersebut hanya memiliki varian transmisi manual dengan rentang harga Rp 135,5 juta - Rp. 161,6 juta sedangkan Sirion memiliki hanya 2 varian 1.3 D dan 1.3 D Deluxe keduanya memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis dengan rentang harga Rp. 144,8 juta - Rp. 165,8 juta.

KESIMPULAN 
Dari komparasi ini terlihat keduanya hampir berimbang namun pada poin fitur Sirion memenagi 1 poin dibandingkan Etios. Tentunya menjadi poin kemenangan bagi Sirion, Namun apabila di lihat dari harga Daihatsu Sirion memiliki harga yang terjangkau dengan fitur yang jauh lebih berlimpah dibandingkan dengan Etios Valco tipe E, namun menjadi minus tidak hadirnya fitur airbag pada Sirion menjadi kekurangan dari Sirion dimana sekarang ini fitur tersebut sudah menjadi standart.

Namun menurut kami Sirion merupakan pilihan yang paling logis dengan harga Rp.144,8 juta lebih murah Rp.5,1 juta dibandingkan Etios Valco E, yang memiliki lebih banyak fitur walaupun tampilan dan eksterior dan interior yang agak membosankan. Ketidak hadiran airbag di Sirion tidak terlalu bermasalah karena airbag tidak banyak berpengaruh kondisi di Indonesia.

Namun jika anda memperhitungkan nilai jual kembali pilihlah Etios Valco, karena Brand Toyota memiliki depresiasi harga jual kembali yang lebih rendah dibandingkan brand-brand lainnya.


Informasi Lainnya 
  • Jika anda menginginkan tampilan yang lebih sporty pada Sirion anda bisa memilih 1.3 D FMC DELUXE dengan harga Rp154,8juta untuk transmisi manual dan Rp.165,8juta untuk transmisi otomatis.     
  • Etios Valco memiliki varian tertinggi dengan harga Rp.161,6juta memiliki tambahan fitur dan body kit serta hadirnya perangkat keamanan ABS, EBD cukup bisa menjadi pilihan.















9 comments:

  1. Etios tampilan depannya kurang enak di pandang, agak aneh menurt saya.
    Sirion, model stirnya gak bagus.

    ReplyDelete
  2. Udah beli etios vakco G ya uda nikmati jalani sukuri aja lah....

    ReplyDelete
  3. Makasih sdh bikin perbandingan mas bro..

    ReplyDelete
  4. Kalo gue sih seneng modelnya sirion... Interiornya juga nggak bikin bosan. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalo gue pilih Etios Valco brand Toyota

    ReplyDelete
  6. Kalau menurut saya, over all secara tampilan lebih milih Sirion. Beda2 tipislah. Masing2 orang bisa beda selera,relatiflah.

    ReplyDelete

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS