Nampaknya Jepang selalu berusaha memberikan gebrakan-gebrakan dalam dunia otomotif, terutama dalam meningkatkan nilai ke ekonomisan dalam berkendara dengan meningkatkan efisiensi kendaraan tersebut.
Daihatsu Mira e:S
Kegemaran Jepang mengenai efisiensi dapat terlihat dari jumlah mobil Kei yang bertebaran di negeri sakura tersebut. Seperti yang kita ketahui pada pasar domestik Jepang terdapat tipe mobil kei dimana kapasitas mesin dibatasi menjadi 660 cc. Walaupun dibatasi namun banyak produsen mobil di Jepang yang berlomba-lomba berkompetisi dalam menyediakan kendaraan hemat dan efisien.
Daihatsu Mira e:S, varian dari Mira yang diperuntukan sebagai kendaraan efisien, dan merupakan mobil kei pertama yang menjadi mobil terefisien pada 2011 dengan catatan 30 km/liter. Namun sayangnya ditahun selanjutnya diambil oleh Suzuki Alto Eco dengan catatan 33 km/liter, tapi tidak lama berselang kembali Mira e:S mengambil gelar tersebut.
Mira e: S telah memberikan angka fenomenal yaitu 33.4 km/lliter dan yang perlu diketahui catatan fenomenal tersebut didapat tanpa menggunakan teknologi hybrid. Angka efisiensi meningkat hingga 10% dengan meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi hambatan co-efisien nya.
Daihatsu Mira e:S generasi terbaru ini akan dijual ke pasar domestik Jepang pada bulan Agustus mendatang. Produsen mobil kei lainnya seperti Honda, Suzuki, dan Nissan dikabarkan telah bekerja keras untuk memecahkan rekor angka efisiensi dari Daihatsu.
[Sumber: Thejapan-news.com]
0 comments:
Post a Comment