Home » , » Microsoft Beli Unit Ponsel Nokia Dengan € 5.44 Milyar

Microsoft Beli Unit Ponsel Nokia Dengan € 5.44 Milyar

Written By Lasipa Network on Tuesday, September 3, 2013 | Tuesday, September 03, 2013


Vendor asal Finlandia yang fokus pada peta, paten dan NSN & Layanan bisnis kini CEO nya kembali ke Microsoft.

Selasa ini menandai akhir dari era Nokia di bisnis ponsel setelah Nokia umumkan untuk keluar dari bisnis ponsel yang telah membesarkannya, hal ini setelah persetujuan Nokia untuk menjual unit Ponsel Nokia kepada mitra perangkat lunak Microsoft sebesar € 5.44 Milyar.

Kesepakatan ini tunduk pada persetujuan regulator dan pemegang saham Nokia dan diharapkan untuk menutup pada kuartal pertama 2014, namun Nokia kini telah melakukan perubahan. Stephen Elop keluar dari CEO Nokia yang juga mengambil peran sebagai EVP dari bagian Device dan Services business. "Untuk menghindari persepsi yang berpotensi menjadi konflik kepentingan antara sekarang dan penutupan transaksi yang tertunda" ungkap Nokia. Elop dan sejumlah eksekutif lainnya diharapkan akan ditransfer ke Microsoft bersama dengan 32 ribu staf, setelah transaksi ditutup.

Microsoft akan mengakuisisi keseluruhan dari Unit Usaha Perangkat dan Layanan Bisnis dari Nokia, sehingga kini menyisakan tiga fokus bisnis Nokia yaitu Nokia Solutions and Networks (NSN); mapping services company Here; dan technology development and licensing unit Advanced Technologies.

Ketentuan kesepakatan menunjukkan bahwa pendapatan lisensi dan paten akan menjadi semakin penting untuk memajukan Nokia. Sebesar € 3.97 milyar dari pembelian merupakan Perangkat dan Unit Layanan, sementara sisanya € 1.65 milyar untuk membeli paten lisensi. Secara khusus Nokia akan memberikan Microsoft lisensi non-eksklusif 10 tahun untuk paten dan opsi perpanjangan tersebut. Selain itu, Nokia berhati-hati untuk poin mengenai CTO office dan portofolia paten yang menjadi bagian dari perusahaan.

" Setelah evaluasi menyeluruh tentang bagaimana untuk memaksimalkan nilai pemegang saham , termasuk pertimbangan dari berbagai alternatif, kami percaya transaksi ini adalah jalan terbaik ke depan untuk Nokia dan pemegang saham , " kata Risto Siilasmaa , Chairman dan CEO interim Nokia Sekarang ini .

Hal ini lumrah, karena banyak yang mempertanyakan harga jualnya. Nokia menegaskan bahwa bisnis yang ditransfer ke Microsoft bernilai € 14,9 milyar atau hampir 50% dari penjualan bersih pada tahun 2012.


SUMBER


0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS